BELAJAR PSIKOLOGI BISA JADI APA?

Banyak sekali pilihan yang tersedia untuk masa depanmu, tetapi kamu BOLEH BANGET memilih bidang lain sesuai dengan bakat dan minatmu. Beberapa pilihan:

Pekerjaan yang berhubungan dengan individu (pribadi)

  1. Clinical psychologists (Ph.D. dengan peminatan di bidang klinis) – membantu orang yang cemas, depresi, gelisah, tidak mampu mengambil keputusan, selalu ingin lebih banyak & lebih banyak lagi, dan berbagai problem psikologis lainnya.
    Clinical psychologists mempelajari dan berusaha memahami penyebab munculnya masalah tersebut dan membantu orang mengatasinya. Karena itu, biasanya mereka mendengarkan pasien dan banyak berdiskusi dengan pasien. 

  2. Psychiatry atau psikiater (dokter umum yang mengambil spesialis kejiwaan) – membantu orang-orang dengan berbagai problem psikologis seperti clinical psychologists, namun seorang psikiater boleh menuliskan resep obat. Itulah sebabnya, mayoritas psikiater hanya mengecek keefektifan obat yang diberikan dan mengevaluasi efek sampingnya pada pasien. Jarang sekali psikiater yang menyediakan waktu untuk mendengarkan pasien dan berdiskusi dengan pasien. 

  3. Counseling psychologists (Doktor yang berpengalaman di bidang konseling) – membantu orang menangani urusan yang berkaitan dengan pendidikan, pekerjaan, pernikahan, kesehatan, dan pembuatan keputusan.
    Jika clinical psychologists lebih banyak berurusan dengan kecemasan, depresi, dan distres emosional yang lain, maka counseling psychologists  lebih banyak berurusan dengan keputusan-keputusan dalam hidup dan keluarga, atau penyesuaian karir. 

  4. Forensic psychologists (Doktor dari bidang clinical psychologists atau counseling psychologists yang mendapatkan pelatihan tambahan di bidang legal) – memberikan nasihat atau konsultasi untuk polisi, pengacara, atau pengadilan. 

  5. Psychoanalysts (psikiater atau clinical psychologists yang mengikuti program tambahan selama 6-8 tahun di institute of psychoanalysts), karena itu tidak ada psychoanalysts yang masih muda. Mereka mempelajari perilaku yang dipengaruhi oleh alam bawah sadar (preconscious) dan alam tidak sadar (unconscious).
    Mereka yakin bahwa segala hal yang ada di alam tidak sadar manusia (yang tersembunyi), muncul ke alam sadar melalui simbol-simbol dalam mimpi, perkataan, dan perbuatan. Mereka adalah orang-orang yang menganut teori Sigmund Freud dengan berbagai macam bentuk pembaharuan atau perkembangannya.
    Catatan: Hari ini, banyak orang menyebut dirinya psychoanalysts hanya karena merasa mampu menafsirkan mimpi atau menghipnosis seseorang. 

  6. Profesi lain di bidang kesehatan mental
    • Clinical social worker (S2 di bidang pekerja sosial lalu melanjutkan pendidikan dengan mengambil pelatihan untuk problem psikologi). Waktu yang diperlukan untuk menempuh pendidikan formal lebih cepat dan lebih hemat daripada menjadi clinical psychologists.
    • Psychiatric nurses (S2 di bidang keperawatan lalu melanjutkan pendidikan dengan mengambil pelatihan untuk problem psychiatry).

Pekerjaan yang berhubungan dengan organisasi

  1. I/O psychology – pekerjaannya berkaitan dengan menempatkan orang yang tepat di posisi yang tepat, melatih orang untuk suatu pekerjaan, mengembangkan kerja sama dalam tim, menentukan gaji dan bonus, memberikan feedback untuk kinerja karyawan, membuat struktur organisasi, mengatur tempat kerja sehingga setiap pekerja dapat produktif dan puas. Jadi, selain berurusan dengan perusahaan, juga berurusan dengan individu-individu dalam perusahaan, termasuk pengaruh dari kondisi perekonomian dan peraturan pemerintah. 

  2. Human factors specialists (ergonomist) – mencoba memfasilitasi pengoperasian mesin-mesin sehingga orang-orang biasa dapat menggunakannya dengan efisien dan aman. Human factors specialists mendesain peralatan-peralatan, seperti kamera, komputer, oven, cell phones, dll. Bidang ini sedang berkembang dan dibutuhkan di mana-mana, karena mengkombinasikan karakteristik dari psikologi, permesinan, dan ilmu komputer.

Pekerjaan yang berhubungan dengan sekolah – school psychologists
School psychologists adalah spesialis di kondisi psikologi siswa, dari anak-anak TK hingga kelas 3 SMU.

Pekerjaan yang berhubungan dengan mengajar dan melakukan research (penelitian) di berbagai bidang:

  1. Developmental psychology
    Mempelajari bagaimana perilaku seseorang berubah seiring dengan usianya. Hal ini bisa berkaitan dengan perkembangan bahasa, daya ingat, pemilihan makanan atau selera. 

  2. Learning and motivation
    Mempelajari bagaimana perilaku seseorang ditentukan oleh hasil yang pernah diperolehnya karena perilaku di masa lalu dan motivasinya saat ini. 

  3. Cognitive psychology
    Fokus pada bagaimana seseorang membuat keputusan, menyelesaikan masalah, dan mengubah apa yang ada di pikirannya menjadi bahasa. 

  4. Biological psychology (behavioral neuroscientist)
    Menjelaskan perilaku dari faktor-faktor biologis, seperti aktivitas di sistem syaraf, efek dari obat dan hormon, genetika, dan tekanan-tekanan evolusioner (diwariskan turun temurun). 

  5. Evolutionary psychology
    Menjelaskan perilaku dalam kaitannya dengan sejarah evolusioner makhluk tersebut. 

  6. Social psychology and Cross-Cultural Psychology
    Social psychology
    menjelaskan bagaimana seorang individu mempengaruhi orang lain dan bagaimana suatu kelompok mempengaruhi individu.
    Cross-Cultural Psychology
    membandingkan perilaku orang dari berbagai budaya yang berbeda.

Catatan:
Research-research di atas dapat dibagi menjadi 2 kategori, yaitu basic research dan applied research.
Basic research dilakukan hanya untuk mencari pembuktian teoritis.
Applied research dilakukan untuk menyelesaikan masalah-masalah praktis. Tentu saja hal ini tidak dapat terlepas dari basic research yang menjadi landasan teori untuk mengembangkan solusi-solusi efektif.

Yang Tidak Dipelajari Sampai Lulus
Membaca orang atau menembus pikiran orang.
Mengenali kepribadian seseorang hanya dengan melihat beberapa contoh perilaku.
Mendapatkan kekuatan-kekuatan dahsyat.
Menjadi paranormal.

Terima kasih mbak Retha kecil.
Sumber: James W. Kalat. (2014). Introduction to Psychology. USA: Wadsworth Cengage Learning, p. 7-12.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *