STRUKTUR KEPRIBADIAN MENURUT HENRY MURRAY

Murray membagi kepribadian menjadi tiga bagian yaitu id, superego, dan ego. Pembagian kepribadian ini sedikit berbeda dengan pembagian kepribadian yang dicetuskan oleh Sigmund Freud.

  • Id
    Id dalam pembagian kepribadian Murray, bukan hanya mengandung perilaku yang unacceptable, yaitu primitif, amoral, dan bernafsu; tetapi juga mengandung impuls yang dapat diterima dan disukai, seperti empati, imitasi, dan identifikasi. Menurut Murray, ada beragam emosi dan impuls alami yang dapat diterima pada tahap ini demi eksistensi “si anak”.

  • Superego
    Superego terbentuk dari norma-norma yang dapat diterima oleh keluarga, masyarakat, atau agama. Superego terbentuk karena pengaruh orang tua, figur-figur yang berwenang, budaya, dan norma. Berbeda dengan Freud, Murray percaya bahwa Superego berkembang seiring berjalannya waktu.
    Di dalam Superego terdapat Ego-ideal, yaitu moral atau perilaku ideal yang harus dimiliki dan diperjuangkan. Bersamaan dengan perkembangan Superego, Ego-ideal juga berkembang, dan mengarahkan kita, agar tahu apa yang perlu diperjuangkan sebagai tujuan jangka panjang. Ego-ideal merupakan totalitas dari seluruh ambisi dan aspirasi, yang memungkinkan kita menjadi terbaik, sesuai potensi yang ada.

  • Ego
    Ego adalah conscious organizer yang aktif mengatur perilaku kita. Ego secara sadar beralasan, berkehendak, dan memutuskan arah perilaku. Ego yang kuat, bukan hanya menekan Id, tetapi juga memikirkan bagaimana tetap bisa mendapatkan kesenangan, tetapi dengan mengarahkannya ke impluses yang bisa diterima. Ego yang kuat, dapat bertindak sebagai wasit antara Id dan Superego, sehingga ada keharmonisan antara apa yang diinginkan Id dengan apa yang diinginkan masyarakat. Namun, ego yang lemah, bisa jadi pilih kasih dan menyukai salah satu dari Id atau Superego; atau membiarkan terjadinya konflik terus-menerus. Kemungkinan timbulnya konflik antara Id dan Superego memang ada, namun Murray yakin, bahwa konflik tersebut bukan sesuatu yang tidak bisa dihindari.
Terima kasih Mba Wieka dan Mba Aya.
Sumber: Schultz, D. P., & Schultz, S. E. (2009). Theories of Personality. USA: Wadsworth, Cengange Learning.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *